Diet Pelangi Ala Okinawa

OKINAWA – Umur panjang merupakan impian paling purba umat manusia. Tiga komunitas di kota terpencil ini tampaknya memiliki jawaban bagi impian tersebut. Apa resep mereka?

Ketiga komunitas itu hidup di sebuah kawasan terpencil di Pulau Okinawa Jepang, kota pegunungan Ovadda di Sardinia, dan Loma Linda di California, Amerika Serikat (AS). Orang-orang di sana memiliki usia lebih panjang dibandingkan wilayah lain di dunia.

Jika di Inggris rata-rata harapan hidup seorang pria sekitar 77 tahun dan perempuan 81 tahun, di ketiga wilayah itu lebih panjang lagi usianya. Okinawa memiliki 1 juta warga dan lebih dari 900 orang memiliki umur lebih dari 100 tahun. Jumlah itu empat kali lipat lebih banyak daripada warga Inggris atau AS dengan usia di atas 100 tahun.

Lebih luar biasa lagi di Ovodda. Di sana warga laki-laki dan perempuannya memiliki usia 100 tahun ke atas. Kenyataan itu jelas melawan tren global, yaitu usia laki-laki umumnya lebih pendek daripada umur perempuan. Fakta tersebut melahirkan berbagai teori untuk menjelaskan mengapa penduduknya panjang umur.

Peneliti pun mencoba menguak rahasia panjang umur yang ada dalam tiga komunitas itu. Di Okinawa, peneliti menemukan, penuaan terjadi lebih lambat dibandingkan wilayah lain di dunia.

“Kalender mungkin mengatakan mereka berusia 70 tahun, tapi kondisi badan mereka masih seperti berusia 50 tahun. Yang paling menakjubkan, sebagian besar dari mereka tetap sehat hingga meninggal dunia,” ungkap Bradley Willcox, peneliti yang menemukan fenomena luar biasa itu.

Pakar juga menyoroti fakta bahwa warga Okinawa tidak hanya makan ikan dan kedelai dalam jumlah paling banyak dibandingkan penduduk dunia yang lain.Mereka juga mengonsumsi berbagai sayuran dan buah-buahan yang kaya antioksidan. Pakar menyebutnya sebagai “diet pelangi”.

Sementara penduduk Ovodda tidak memperhitungkan jumlah kalori atau jenis makanan yang mereka santap. Meski demikian, dari setiap 1.700 penduduk ada lima orang yang memiliki usia di atas 100 tahun. Yang menakjubkan, jumlah pria dan wanita yang berusia di atas 100 tahun seimbang.

Selama ratusan tahun, keluarga- keluarga di Ovodda hidup terisolasi. Mereka menikah dengan anggota keluarga lain. Kenyataannya, sebagian besar warga di sana merupakan keturunan dari hanya be- berapa orang warga asli.

Sementara di Loma Linda, California, rahasia umur panjang mereka tidak karena faktor genetis. Rahasianya terletak pada gaya hidup sehat dan seimbang yang mereka terapkan. Sebagian besar dari mereka pengikut Gereja Seventh Day Berita Terkait
China Siap Luncurkan KA Termewah di Dunia
Istri Marah, 400 Ponsel Dibakar
5 Jam Lari Marathon, Kakek 101 Th Minta Bir
Makam Penuh, Dilarang Meninggal Dunia!
Seorang Buta Ikuti Maraton di Tujuh Benua
Adventist yang melarang minum alkohol dan merokok serta melaksanakan pola hidup vegetarian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: