Belajar Tentang Suplemen Makanan

Suplemen makanan kini telah dijual bebas di toko makanan sehat, toko kelontong, apotek, dan lain-lain. Orang-orang pada umumnya mengkonsumsinya karena berbagai alasan kesehatan.

Manusia sudah ratusan bahkan ribuan tahun memakai suplemen untuk membantu meningkatkan kesehatan dan untuk merawat penyakit. Bahkan beberapa jenis suplemen tersebut menjadi bahan dasar metode pengobatan terkini. Contohnya, manusia sudah menggunakan teh kulit pohon willow (willow bark) sebagai ramuan untuk menyembuhkan demam. Perusahaan farmasi akhirnya mengetahui manfaat zat kimia dalam willow bark tersebut hingga akhirnya memanfaatkannya untuk memproduksi aspirin.

Apa itu suplemen makanan?

Di Amerika Serikat, suplemen makanan diartikan sebagai zat atau bahan makanan yang Anda konsumsi. Zat atau bahan makanan tersebut dapat berupa vitamin, mineral, jamu atau tanaman obat, asam amino (elemen pembangun protein), atau bagian-bagian dari zat atau bahan makanan ini. Bentuk suplemen makanan dapat berupa pil, kapsul, tablet, serbuk, softgel atau cair.

Suplemen makanan merupakan pendamping atau penambah program diet, nutrisi atau kondisi tubuh tertentu dan bukan merupakan pengganti makanan. Suplemen makanan pada umumnya termasuk vitamin (misalnya vitamin C) dan mineral, botanical (misalnya jamu dan produk tanaman), dan zat atau bahan yang berasal dari sumber alam (misalnya susu whey dan glucosamine).

Para produsen suplemen makanan secara resmi dilarang memberi pernyataan bahwa suplemennya dapat mendiagnosa, menyembuhkan, merawat, atau mencegah penyakit. Namun para produsen suplemen makanan dapat menyatakan bahwa suplemennya dapat meningkatkan atau berkontribusi menjaga tingkat kesehatan.

Asosiasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan peraturan yang tidak sama atas suplemen makanan dan atas obat-obatan. Diantara peraturan itu menyebutkan suplemen makanan dapat dijual bebas tanpa harus adanya penelitian tingkat kemanjurannya. Lain halnya dengan obat-obatan yang harus teruji.

Apa kegunaan suplemen makanan?

Orang-orang mengkonsumsi suplemen makanan dalam beberapa kondisi kesehatan. Konsumsi multivitamin dan multimineral bermanfaat sebagai suplemen diet dan perawatan penyakit. Misalnya Vitamin C dipercaya mampu mencegah dan meredakan demam. Beberapa penelitian terhadap produk suplemen alami dari tanaman dan hewan menunjukkan kemanjuran yang sama dengan obat-obatan konvensional. Namun tentunya ada juga yang dianggap kurang manjur atau bahkan berbahaya.

Menurut sejarahnya, manusia sudah memanfaatkan pengobatan tradisional untuk mencegah penyakit, menyembuhkan infeksi, meredakan demam, dan penyembuhan luka. Obat-obatan alami dari tumbuhan juga mampu mencegah konstipasi, meredakan rasa sakit (painkiller), atau bekerja sebagai ramuan pereda stress dan perangsang. Beberapa penelitian memang menunjukkan kandungan bahan alami yang terbukti bermanfaat. Misalnya glucosamine yang terbukti bermanfaat dalam penyembuhan atau perawatan osteoarthritis (radang sendi).

Apakah suplemen makanan aman dikonsumsi?

Secara keseluruhan, para ahli kesehatan menyatakan bahwa suplemen makanan aman untuk dikonsumsi. Tentunya dengan alasan penggunaan zat-zat dan bahan-bahan alami pada suplemen makanan tersebut. Apalagi beberapa produsen suplemen telah melakukan penelitian intensif pada berbagai produk suplemen mereka.

Namun perlu diingat, meskipun suplemen makanan terbukti aman dan berkhasiat bukan berarti Anda dapat menghindari obat-obatan konvensional biasa dan hanya mengandalkan suplemen makanan. Selalu konsultasikan terlebih dulu kepada dokter jika Anda dalam kondisi mengkonsumsi suplemen sebelum pemberian resep dokter atau apabila Anda bermaksud mengkombinasikan suplemen makanan bersama dengan obat-obatan biasa untuk perawatan kesehatan Anda. Sebagai contoh anjuran tersebut sangat penting bagi para wanita hamil dan menyusui.

Beberapa Contoh Penggunaan Suplemen Makanan

Memperkuat sistem kekebalan digunakan suplemen Vitamin A, Vitamin C, Herbal Echinaceha, dan jamur Shiitake. Untuk mengobati infeksi spesifik, digunakan goldenseal (infeksi bakteri), licorice (infeksi virus) dan tea tree oil (infeksi jamur pada kulit).

Menghilangkan racun tubuh (detoksifikasi) digunakan suplemen betakaroten, Vitamin C, Vitamin E, dan klorofil. Untuk mengatasi keracunan usus diberikan suplemen laktobasilus. Untuk detoksifikasi hati biasa dipakai suplemen bawang putih atau garlic, sylibum marianum, sayuran golongan brassica (kubis, brokoli, Brussel sprout), dan glutathione.

Mengatasi radang digunakan suplemen Vitamin E dan Vitamin C dalam dosis tinggi untuk menormalkan kembali fungsi respon tubuh terhadap radang. Untuk menurunkan efek peradangan digunakan suplemen quercetin, flax seed oil, evening primrose oil dan minyak ikan (Omega 3).

Mengoptimalkan fungsi metabolik terutama untuk memperbaiki sistem pencernaan digunakan suplemen herbal bitter, betain hidroklorida dan enzim pepsin.

Menyeimbangkan sistem hormon seperti:
Memperbaiki hormon tiroid dengan pemberian suplemen mineral tembaga, selenium, seng, dan ekstrak kelenjar tiroid.
Meningkatkan kadar hormon DHEA dapat digunakan suplemen Siberian panax ginseng dan suplemen DHEA.
Meningkatkan keseimbangan hormon wanita dapat digunakan suplemen mineral seng, dan Vitamin A.
Meningkatkan fungsi hormon pria dapat mengkonsumsi suplemen mineral Zinc, Siberian panax ginseng dan tribulus yang dapat bekerja dengan baik ketika digabung dengan suplemen DHEA dan ZMA.
Untuk mencegah penuaan dini (antia aging) diperlukan suplementasi Vitamin C, Vitamin E, Vitamin B12, Coenzym Q10, glucosamine sulfat, glutathione, chromium, magnesium, selenium dan flax seed oil. Sedangkan dari kelompok herbal yang disarankan adalah suplemen Siberian panax ginseng, gingko biloba dan crateagus oxycanthe

Satu Tanggapan to “Belajar Tentang Suplemen Makanan”

  1. STROKE SEMBUH
    KESAKSIAN OLEH : SYELINA PANDUU, KEL. TATAARAN II LING V KEC. TONDANO SELATAN MANADO SULAWESI SELATAN

    Saya mengalami stroke di badan sebelah kanan sejak September 2004. Sampai saat ini sudah menjelang 2 tahun saya berobat rutin ke dokter (obat seumur hidup). Penyakit yang saya derita adalah tekanan darah tinggi, penyempitan di hidung, anus, tenggorokan, sakit kepala, bengkak kedua kaki, panas di telinga, kencing sedikit. Saya sudah pasrah dengan penyakit yang saya derita. Minum obat atau tidak minum obat tetap penyakit yang saya rasakan belum ada perubahan. Untuk berobat ke dokter saya tidak punya uang lagi dan pada bulan Mei 2006 ada seorang ibu dari Makassar anak tetangga saya memperkenalkan OXY pada saya, lalu saya tertarik dan saya coba beli dan minum 1 botol setiap hari. Ternyata puji Tuhan baru botol ke enam saya minum, saya sudah merasakan perubahan, buang air besar yang tadinya terjepit dan anus sebelah kanan sekarang sudah lancar seperti biasa, dan penyakit dari dalam keluar semua lewat kencing. Setelah botol ke 16 saya minum, keluar lagi lewat hidung sebelah kanan seperti sum-sum. Penyumbatan di hidung tidak ada lagi, tekanan darah tinggi sudah normal, bengkak di kaki hilang, panas di telinga sudah sembuh, rambut rontok sudah bertumbuh lagi. Semua penyakit yang saya derita sudah sembuh total. Saya minum OXY baru 48 botol (48 hari), saya sudah berjalan seperti biasa. Terima kasih Tuhan sudah memberikan mujizat kesembuhan lewat OXY. Terima kasih kepada Ibu Sandra Palit yang datang dari Makassar memperkenalkan OXY pada saya. Terima kasih OXY air penyembuh.

    BERBAGAI PENYAKIT SEMBUH BERKAT OXY (AIR MURNI BEROKSIGEN TINGGI)
    KESAKSIAN OLEH : SRI DAMIYATI, JL. KOL SUGIONO TAMAN PEMALANG

    Mulanya aku masuk menjadi member OXY hanya berpikir aku ingin sehat dan bisa membeli 1 dus OXY dengan harga Rp. 105.000,00 setiap bulan, tapi setelah kurasakan banyak teman yang tertarik ikut menjadi downline di bawahku dan mereka sekarang pada semangat dan getol, karena keunggulan dan fungsi OXY memang menyehatkan. Bahkan teman-teman dan saudara yang mencoba membeli dan meminum, penyakitnya bisa sembuh antara lain ada yang herpes, sakit tenggorokan, maag, liver, asam urat, pengapuran,kolesterol, tensi tinggi, gula, kencing batu, batu ginjal, bisa normal kembali. Aku tidak pernah berfikir untuk mendapatkan bonus dari perusahaan, yang kufikir hanya aku ingin sehat dengan keluargaku, akhirnya setiap bulan aku mengkonsumsi 2 dus OXY, dan sekarang aku sudah merasakan hasilnya, selain tambah sehat juga tambah rejeki dari Allah SWT, lantaran ikut member dan minum OXY. Matur Nuwun OXY.
    Diposting kembali oleh “omyosa & yanti”
    Terima kasih.
    omyosa, 08159927152
    yanti, 08129967520

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: