Ilmuwan Jepang Menemukan Planet Baru

TIM ilmuwan Kobe University, Jepang,menemukan sebuah planet baru yang mengorbit di sisi paling luar sistem tata surya tempat Bumi berada. Planet baru itu memiliki ukuran sekira dua per tiga Bumi.

Planet itu belum diberi nama dan hanya disebut sebagai Planet X. “Planet X sangat dingin. Permukaannya tertutup es amonia dan metana. Planet X memiliki massa antara 30 persen hingga 70 persen massa bumi,” ujar ketua tim peneliti,Tadashi Mukai, profesor di Kobe University.

Mukai memperkirakan, Planet X mengitari matahari dengan orbit eliptis. Satu tahun di Planet X setara dengan 1.000 tahun di bumi. Radius orbit Planet X diperkirakan mencapai 15 miliar km hingga 26 miliar km. Planet X ditemukan dalam waktu sekira dua tahun setelah Pluto dicoret sebagai planet.

Pluto tidak bisa disebut planet karena memiliki massa terlalu kecil untuk disebut sebagai planet. Pluto ditemukan pada 1930 oleh astronom AS Clyde Tombaugh. Mukai berharap, Serikat Astronomi Internasional (IAU) akan segera mengesahkan status Planet X sebagai planet dan memberikan nama resmi kepada Planet X.

Mukai menegaskan, Planet X memiliki massa jauh lebih besar daripada pluto. Karena kaya metana, Planet X sesungguhnya menyimpan sumber daya energi sangat besar. Namun demikian, jarak planet tersebut terlalu Berita Terkait:
Permukaan Merkurius Menyusut
Mars Berpeluang Ditabrak Asteroid
jauh dari bumi.� (sindo//mbs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: