Jepang Rintis Sistem Pertahanan Ruang Angkasa

TOKYO – Jepang menghilangkan hambatan hukum untuk mengembangkan penggunaan ruang angkasa sebagai pertahanan militer, Jumat (9/5). Langkah ini sekaligus mengakhiri kebijakan lama yang membatasi pengembangan ruang angkasa untuk tujuan damai.

Seperti dilansir Reuters , langkah ini diambil selama kunjungan Presiden China Hu Jintao yang bertujuan mempererat hubungan bilateral yang penuh dengan hambatan.

Komite Majelis rendah menyetujui Rancangan Undang-Undang untuk diajukan ke masa sidang parlemen dalam beberapa minggu ke depan, kata Anggota Majelis Rendah dari partai berkuasa Liberal Democratic Party.

China menghentak dunia pada Januari 2007 setelah menembak satelitnya yang tak lagi dipakai dengan rudal. Tindakan ini menunjukkan perkembangan kecakapan mereka dalam teknologi ruang angkasa dan militer.

Ilmuwan ruang angkasa Jepang pro perdamaian mengkritik pemisahan pengembangan luar angkasa dari militer di bawah kebijakan yang dianut sejak tahun 1969. Hal inilah yang menyebabkan teknologi Jepang lambat berkembang.

Tak seperti China , Jepang tidak pernah mencoba mengembangkan penerbangan luar angkasa. Satelit mata-mata Tokyo diluncurkan cenderung untuk mengawasi Korea Utara dan mengendalikan Departeman Pemerintah, daripada untuk satelit militer.

Undang-Undang baru mereka akan memperbolehkan militer Jepang untuk meluncurkan sendiri satelit mata-matanya dan satelit peringatan dini sebagai bagian dari sistem pertahanan rudal yang saat ini tengah dibangun bekerjasama dengan sekutu utama Jepang, Amerika Serikat, kata Koran Asahi Jumat (9/5/2008).

Koalisi partai yang berkuasa di Jepang dan partai oposisi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang untuk dibahas di parlemen sebelum akhir masa sidang saat ini 15 Juni. Dengan dukungan Partai Oposisi, Democratic Party dan juga Liberal Democratic Party dan sekutu yang lebih kecil, Partai Komeito, dipastikan Rancangan Undang-Undang ini akan disetujui. (sis) (mbs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: