Bank of Japan Pertahankan Suku Bunganya

TOKYO – Seperti harapan banyak kalangan, Bank Sentral Jepang (BoJ) tetap memertahankan suku bunganya di tengah kekhawatiran pelambatan ekonomi global.

Kebijakan ini diambil dengan suara bulat oleh para petinggi bank sentral tersebut. Setelah melakukan pertemuan selama dua hari, akhirnya memutuskan tidak mengubah sukubunganya pada kisaran 0,5 persen.

Demikian pernyataan yang diberikan oleh BoJ, seperti dilansir dari AP, Selasa (20/4/2008).

Sejumlah ekonom memprediksi, BoJ sepertinya tidak akan bisa berbuat banyak dalam setahun ke depan. Kecuali, jika kondisi ekonomi saat ini berubah drastis. Di mana, saat ini pertumbuhan ekonomi global sedang melambat akibat harga minyak dan barang-barang material lainnya membumbung tinggi.

Tahun lalu, analis pasar sebenarnya berharap BoJ mau menaikkan sukubunganya, seiring menguatnya perekonomian Jepang. Namun instabilitas ekonomi global akibat krisis subprime mortgage di AS memupus harapannya. Pasar pun bereaksi ke arah sebaliknya, yaitu mengharapkan adanya pemotongan suku bunga.

Ekonomi Jepang telah menunjukkan kesolidannya belakangan ini. Pekan lalu, pemerintah Jepang menyatakan ekonomi mereka tumbuh lebih besar dari yang diharapkan, yaitu 3,3 persen. Kendati demikian, para ekonom tetap memeringatkan bahwa pertumbuhan ekspor Jepang akan terganggu, jika perdagangan luar negeri Jepang berjalan terhuyung-huyung. Dan pengeluaran domestik akan melemah jika kebijakan pengupahan
tumbuh. (hsp)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: