Keterlibatan Perang (Jepang)

Jepang telah melakukan perang sejak lama, menurut keterangan yang penulis temukan dalam situs: (http://www2.irib.ir/worldservice/MelayuRadio/kal_sejarah/masehi/februari/06februari.htm) tenang sejarah perang Jepang, Jepang telah melakukan perang sejak tahun 1904, lebih lanjut Jepangpun pernah berperang melawan Cina pada tahun 1895, sehingga dapat disederhanakan bahwa Jepang telah terlibat dalam perang sejak lama.

Dalam keterang yang penulis temukan dalam situs tersebut, Jepang selalu mendapat kemenangan dalam setiap penaklukan yang dilakukan olehnya, baik berperang melawan Korea, Melawan Cina maupun Melawan Rusia, Jepang selalu mengakhiri dengan sebuah kemenangan bahkan negara seperti AS pernah di hujani bom oleh para penerbang atau tentara Jepang, lebih jauh Jepang juga merupakan salah satu negara kolonial, yang pernah menjajah Indonesia dan beberapa negara lain.

Menurut keterangan yang penulis temukan dalam situs (http://www.kanimaja.org/content/view/26/49/)  tentang sejarah jepang ternyata Jepang telah terlibat dalam perang sejak tahun 1200-an, yang kemudian diperkuat bahwa Jepang telah melakukan kontak militer dengan negara-negara tetangganya seperti Korea dan Cina pada tahun 1592.

keterangan yang sama penulis dapatkan, bahwa sejak tahun 1867 Jepang telah terlibat dalam perang, kemudian mulailah menjadi negara yang kuat dalam hal melakukan invasi sehingga, jepang dapat memenangkan perang melawan Tiongkok dan Rusia, serta menguasai Taiwan, separuh dari Sakhalin, dan Korea.

Awal abad ke-20 sempat menjadi saksi mata kepada “demokrasi Taisho” yang lalu diselimuti bangkitnya nasionalisme Jepang. Pada tahun 1936, Jepang menanda tangani Pakta Anti-Komintern dan bergabung dengan Jerman dan Italia untuk membentuk suatu aliansi axis. Pada tahun 1937, Jepang menginvasi Manchuria yang menyebabkan terjadinya Perang Tiongkok-Jepang (1937). Pada tahun 1941, Jepang menyerang pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, dan membawa AS memasuki Perang Dunia II. Setelah kampanye yang panjang di Samudra Pasifik, Jepang kehilangan wilayah-wilayah yang awalnya dimilikinya, dan AS mulai melakukan pengeboman strategis terhadap Tokyo, Osaka dan kota-kota besar lainnya serta pengeboman atom terhadap Hiroshima dan Nagasaki. Jepang akhirnya menyerah kepada pihak Sekutu pada 15 Agustus 1945.

Pendudukan Amerika secara resmi berakhir pada tahun 1952, meski pasukan AS tetap mempertahankan pangkalan-pangkalan penting di Jepang, khususnya di Okinawa. Jepang menggunakan konstitusi baru sejak tahun 1947, yang menetapkan negara tersebut sebagai negara demokratis pasifis. Setelah pendudukan tersebut, produk domestik bruto Jepang tumbuh menjadi salah satu ekonomi terbesar di dunia di bawah program pengembangan industri yang agresif, proteksionisme, dan penundaan pertahanan strategis kepada AS. Meskipun pasar saham sempat jatuh dengan tajam pada tahun 1990 dan negara tersebut hingga kini masih belum pulih sepenuhnya dari hal itu, Jepang tetap merupakan sebuah kekuatan ekonomi dunia dan akhir-akhir ini telah mulai bangkit sebagai kekuatan strategis dengan mengirimkan pasukan non-pertempuran ke Perang Teluk, upaya kemanusiaan PBB untuk membangun kembali Kamboja, dan invasi AS terhadap Irak pada tahun 2003.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: